Cara Mengubah Sketsa Menjadi Digital ke Komputer

(albinopfirsichsaft.deviantart.com)
Baru-baru ini saya mengikuti kompetisi animasi dua dimensi bersama teman-teman. Kami membuat sketsa manual, scanning sketsa, coloring, kemudian membuatnya bergerak. Dari kegiatan ini, saya jadi belajar beberapa hal tentang proses pembuatan animasi. Salah satu di antaranya adalah proses pembuatan sketsa gambar, seperti objek karakter, yang nantinya discan kemudian diedit menggunakan photoshop atau aplikasi sejenisnya.

Namun di sini saya tidak akan membahas tentang cara membuat animasi, melainkan
cara mengubah sketsa manual menjadi gambar digital di komputer. Sebenarnya, cara mengubah sketsa menjadi gambar digital relatif mudah. Tapi mungkin akan menjadi sedikit ribet dan susah bagi yang tidak punya scanner di rumahnya. Selain scanner, Anda pastinya membutuhkan alat-alat penggambaran dasar seperti pensil, spidol, kertas putih HVS, dan scanner, juga komputer tentunya sebagai tempat pengolahan terakhir. Pastikan anda menyiapkan alat-alat tersebut. Jika tidak punya scanner, mungkin anda boleh meminjam teman atau menyewa di tempat fotokopi.

Langsung saja, lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk
mengubah sketsa gambar menjadi bentuk digital. Sebagai contoh dasar, buatlah karakter kartun:

1. Gambar sketsa manual menggunakan pensil di atas kertas HVS putih. Pastikan kertas HVS-nya bersih dan tidak kucel, agar saat discan nanti bisa maksimal. Ingat, ini hanya sketsa, jadi tidak usah terlalu serius untuk membuat gambar yang berupa garis-garis tersebut terlihat rapi. Cukup lukisan cepat saja yang penting sesuai dengan ilustrasi karakter yang diinginkan. Nanti toh garis-garis sketsa itu akan ditimpa dengan spidol sebelum lukisan pensilnya dihapus.
2. Setelah gambar sketsa jadi dan ditebalkan dengan spidol, proses berikutnya adalah scanning. Dengan metode scanning, anda dapat mengubah sketsa gambaran tangan ke komputer dalam bentuk digital. Anda akan melakukan pewarnaan di sini.

3. Setelah scan sketsa manualnya sudah masuk ke komputer, sekarang buka gambar tersebut di Photoshop. Mungkin di CorelDRAW ataupun aplikasi lain yang memungkinkan untuk melakukan pewarnaan, tapi berhubung saya hanya bisa di Photoshop, maka dalam tutorial ini saya menggunakan aplikasi tersebut.

Cara bukanya, jika belum tahu, klik
File > Open, kemudian cari gambar sketsa karakter yang sudah discan tadi.

4. Jika hasil scan masih mengandung noise, yaitu keburaman, kita bisa menghilangkannya dengan menggunakan filter. Cara saya menghilangkan noise adalah melalui menu Filter > Artistic > Watercolor. Parameter pengaturannya, Brush Detail = 10, Shadow Intensity = 1, Texture = 1. Dengan begitu, akan dihasilkan gambar dengan garis yang lebih hitam dan bersih, tanpa ada noise, karena dapat mengganggu proses pewarnaan jika masih ada noise.
5. Sesudah itu adalah proses coloring. Di Photoshop kita tinggal menggunakan Fill Tool, yang berikon ember cat, dan menuangkannya di area sketsa yang ingin diwarnai.
Nah, karakter sudah jadi. Gampang bukan? Ini adalah contoh sederhana dari cara mengubah sketsa menjadi digital di komputer. Anda bisa mengembangkannya sendiri tergantung seberapa jauh kemampuan dan pengembangan digital art anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengubah Sketsa Menjadi Digital ke Komputer "

Post a Comment